Program Semester (Prosem/Promes) Paud/Tk Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun Semester 1 Dan 2
Program Semester (Prosem/Promes) PAUD/TK Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun - Program Semester atau yang dipahami dengan Prosem/Promes wajib dibentuk oleh seorang guru PAUD. Kenapa? Karena Program Semester merefleksikan pembelajaran yang mau dilaksanakan selama 1 semester kedapan.
Perencanaan kesibukan semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema , serta kompetensi yang ditetapkan untuk diraih pada setiap tema , dan alokasi waktu setiap tema.
Adapun tindakan dalam menghasilkan Program Semester PAUD , adalah :
1. Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilaksanakan guru sebelum permulaan semester kesibukan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan ialah topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak , kesiapan guru , dan ketersediaan sumber belajar
pendukung. Pengembangan tema sanggup dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema , subtema dan atau sub-subtema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema diubahsuaikan dengan minat anak , keluasan , kedalaman , dan sumber/media yang tersedia.
4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD menampung seluruh faktor kemajuan Nilai Agama dan Moral (NAM) , fi sik-motorik , kognitif , sosial-emosional (sosem) , bahasa , dan seni.
5. KD sanggup ditulis lengkap atau sanggup dituliskan kodenya saja.
6. KD sanggup diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.
7. Tema/subtema/sub-subtema yang telah diputuskan di permulaan sanggup berubah jikalau ada keadaan tertentu dengan melibatkan anak tanpa
harus merubah KD yang telah ditetapkan.
2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan ialah topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak , kesiapan guru , dan ketersediaan sumber belajar
pendukung. Pengembangan tema sanggup dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema , subtema dan atau sub-subtema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema diubahsuaikan dengan minat anak , keluasan , kedalaman , dan sumber/media yang tersedia.
4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD menampung seluruh faktor kemajuan Nilai Agama dan Moral (NAM) , fi sik-motorik , kognitif , sosial-emosional (sosem) , bahasa , dan seni.
5. KD sanggup ditulis lengkap atau sanggup dituliskan kodenya saja.
6. KD sanggup diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.
7. Tema/subtema/sub-subtema yang telah diputuskan di permulaan sanggup berubah jikalau ada keadaan tertentu dengan melibatkan anak tanpa
harus merubah KD yang telah ditetapkan.
Sebagai materi acuan , berikut ini admin bagikan contoh Program Semester (Prosem/Promes) PAUD Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun Semester 1 dan 2 :
Tidak ada komentar untuk "Program Semester (Prosem/Promes) Paud/Tk Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun Semester 1 Dan 2"
Posting Komentar