Penulisan Soal Berbasis Higher Older Thinking Skills (Hots) Kurikulum 2013
Apa itu Higher Older Thinking Skills (HOTS)? Secara biasa Higher Older Thinking Skills sanggup dijabarkan menjadi 4 macam , yakni :
1. Transfer satu desain ke desain yang lain
2. Memproses dan menerapkan info
3. Mencari kaitan dari banyak sekali info yang berbeda-beda
4. Menggunakan info untuk mengakhiri masalah
5. Menelaah persepsi gres dan info secara kritis
2. Memproses dan menerapkan info
3. Mencari kaitan dari banyak sekali info yang berbeda-beda
4. Menggunakan info untuk mengakhiri masalah
5. Menelaah persepsi gres dan info secara kritis
Higher-order thinking tergolong memamerkan pengertian akan info dan bernalar bukan sekedar mengingat kembali/recall informasi. Higher order thinking tidak memiliki arti soal yang lebih sukar dibandingkan dengan soal recall.
Ada beberapa cara yang sanggup dijadikan anutan oleh para penulis soal untuk menulis butir soal yang menuntut berpikir tingkat tinggi , yakni bahan yang hendak ditanyakan diukur dengan sikap sesuai dengan ranah kognitif Bloom pada level analisis , penilaian dan mengkreasi , setiap pertanyaan diberikan dasar pertanyaan (stimulus) dan soal mengukur kesanggupan berpikir kritis.
Ada beberapa cara yang sanggup dijadikan anutan oleh para penulis soal untuk menulis butir soal yang menuntut berpikir tingkat tinggi , yakni bahan yang hendak ditanyakan diukur dengan sikap sesuai dengan ranah kognitif Bloom pada level analisis , penilaian dan mengkreasi , setiap pertanyaan diberikan dasar pertanyaan (stimulus) dan soal mengukur kesanggupan berpikir kritis.
Ketrampilan Berpikir tingkat Tinggi
1. Berfikir Kritis yakni berfikir yang menyidik , menghubungkan , dan mengevaluasi semua faktor suasana atau masalah. Termasuk di dalamnya menghimpun , mengelola , mengingat , dan mengevaluasi informasi. Berfikir kritis tergolong kesanggupan membaca dengan pengertian dan mengidentifikasi bahan yang diinginkan dan tidak dibutuhkan. Kemampuan menawan kesimpulan yang benar dari data yang diberikan dan bisa menyeleksi ketidak-konsistenan dan kontradiksi dalam sekelompok data ialah bab dari keahlian berfikir kritis. Dengan kata lain , berfikir kritis yakni analitis dan refleksif.
2. Berfikir Kreatif yang sifatnya sahih dan reflektif. Hasil dari keahlian berfikir ini yakni sesuatu yang kompleks. Kegiatan yang dijalankan di antaranya menyatukan persepsi gres , bikin persepsi gres baru , dan menyeleksi efektifitasnya. Berfikir inovatif termasuk juga kesanggupan menawan kesimpulan yang lazimnya menelorkan hasil simpulan yang baru.
2. Berfikir Kreatif yang sifatnya sahih dan reflektif. Hasil dari keahlian berfikir ini yakni sesuatu yang kompleks. Kegiatan yang dijalankan di antaranya menyatukan persepsi gres , bikin persepsi gres baru , dan menyeleksi efektifitasnya. Berfikir inovatif termasuk juga kesanggupan menawan kesimpulan yang lazimnya menelorkan hasil simpulan yang baru.
Selengkapnya silahkan unduh bahan Pengembangan Butir Soal "Higher Older Thinking Skills (HOTS)" Kurikulum 2013 disini :
Tidak ada komentar untuk "Penulisan Soal Berbasis Higher Older Thinking Skills (Hots) Kurikulum 2013"
Posting Komentar