Buku Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Paud/Tk Kurikulum 2013

Buku Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Kurikulum PAUD 2013 perlu Anda miliki selaku pedoman dalam pelaksanaan kesibukan berguru mengajar di sekolah. Bagaimana cara mengorganisir pembelajaran PAUD?

Pertama , kita amati apalagi dulu karakteristik dari kurikulum 2013 PAUD. Kurikulum PAUD menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan pembelajaran yang memiliki arti dan menggembirakan dalam pemberian rangsangan pendidikan. Kurikulum selaku kesibukan pengembangan bagi anak bisa meningkatkan semua potensi anak biar menjadi anak yang kompeten.

Kemudian perlu memperhatikan rancangan pembelajaran yang menggembirakan di PAUD. Guru perlu memperhatikan cara anak usia dini berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran PAUD. Anak usia dini berguru secara sedikit demi sedikit dengan cara berpikir yang khas. Ia bisa berguru dengan aneka macam cara , dan ia berguru dari proses interaksi dengan lingkungannya. 

Buku Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD


Pada prinsipnya anak berguru lewat bermain. Hal ini sesuai dengan pertumbuhan anak , yang memunculkan bermain selaku keperluan anak. Bermain menghasilkan anak menjadi pembelajar aktif , dan memungkinkan anak menjadi semakin kreatif. Selain itu , dalam kesibukan bermain yang disokong lingkungan yang aman , anak tolong-menolong juga berguru meningkatkan nilai-nilai karakter. Saat bermain , anak berguru meningkatkan , peduli , koordinasi , bertanggungjawab , dll. Penanaman nilai-nilai huruf untuk anak usia dini akan terjadi dengan sendirinya pada ketika anak praktek eksklusif dan menyaksikan model/teladan dari orang lain. Di sinilah dukungan dari lingkungan yang aman diperlukan dalam pembentukan huruf anak.

Dengan mempergunakan media dan sumber berguru yang mudah didapatkan anak , serta dukungan dari fasilitator (dalam hal ini guru) , maka anak sanggup berlajar secara optimal. Dukungan yang sanggup diberikan guru berupa:
1. Guru memberi mereka potensi untuk mencoba/mengeksplorasi dan menggunakan aneka macam obyek/bahan dengan cara yang beragam.
2. Guru memberi dukungan dengan pertanyaan (dan atau bimbingan) yang tepat.
3. Guru menghargai setiap kerja keras dan hasil karya anak dengan tidak membandingkan dengan anak lainnya

Pendekatan pembelajaran yang menggembirakan yaitu proses pembelajaran yang dirancang biar anak secara aktif sanggup memperhatikan , menanya , menghimpun warta , menalar , dan mengomunikasikan , baik terkait diri sendiri , lingkungan , atau kejadian. Penerapan pendekatan pembelajaran yang bagus akan menumbuhkan kesanggupan berpikir anak. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut yaitu pendekatan saintifik.

Silahkan unduh Buku Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013  disini :

Tidak ada komentar untuk "Buku Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Paud/Tk Kurikulum 2013"