Buku Pedoman Analisa Pembelajaran Paud/Tk Kurikulum 2013

Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013 - Penilaian ialah proses pengukuran kepada hasil dari kesibukan berguru anak. Penilaian kesibukan berguru di PAUD menggunakan pendekatan analisa autentik. Penilaian autentik ialah analisa proses dan hasil berguru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial) , wawasan , dan kemampuan menurut fakta yang sesungguhnya. Penilaian dijalankan secara sistematis , terukur , berkesinambungan , dan menyeluruh yang meliputi pertumbuhan dan kemajuan yang sudah diraih oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Penilaian Apa saja yang dijalankan dalam PAUD?

Lingkup analisa meliputi pertumbuhan dan kemajuan anak. Lingkup analisa pertumbuhan meliputi ukuran fisik yang diukur dengan satuan panjang dan berat , misalnya berat tubuh , tinggi badan/panjang tubuh , dan lingkar kepala. Sementara itu , analisa kemajuan meliputi aneka macam isu yang bermitra dengan bertambahnya fungsi psikis anak , adalah nilai moral dan agama , kemajuan fisik motorik (gerakan motorik bernafsu dan halus , serta kesehatan fisik) , sosial emosional , komunikasi (berbicara dan bahasa) , kognitif (pengetahuan) , dan seni (kreativitas).

Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD


Enam acara pengembangan yang menjadi area analisa mengarah pada tercapainya Kompetensi Inti yang menjadi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Silahkan para pembaca mengingat kembali empat kompetensi inti yang ialah pembagian terencana mengenai dari kompetensi sikap spiritual , sikap sosial , wawasan , dan keterampilan.

Kapan mengerjakan analisa kepada anak?

Penilaian pada anak dijalankan pada di saat anak mengerjakan kegiatan. Penilaian sanggup dijalankan dalam aneka macam kesibukan anak , sejak anak tiba , berbaris , mengikuti proses berguru , mencuci tangan , makan bekal , bermain bebas , hingga pulang kembali. Penilaian itu dijalankan secara alami , baik menurut keadaan kasatmata yang timbul dari sikap anak selama proses berkegiatan maupun hasil dari kesibukan tersebut. Itulahyang disebut analisa autentik.

Perhatikan prinsip-prinsip dalam mengerjakan penilaian

1. Mendidik
Proses dan hasil analisa sanggup dijadikan dasar untuk memotivasi , menyebarkan , dan membina anak biar berkembang dan meningkat secara optimal.

2. Berkesinambungan
Penilaian dijalankan secara terjadwal , sedikit demi sedikit , dan terus-menerus untuk mendapat citra tentang pertumbuhan dan kemajuan anak.

3. Objektif
Penilaian didasarkan pada mekanisme dan persyaratan yang terang , tidak dipengaruhi subjektivitas penilai sehingga menggambarkan data atau isu yang sesungguhnya.

4. Akuntabel
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan persyaratan yang terang serta sanggup dipertanggungjawabkan.

5. Transparan
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan hasil analisa sanggup diakses oleh orang bau tanah dan semua pemangku kepentingan yang relevan.

6. Sistematis
Penilaian dijalankan secara teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan kemajuan anak dengan menggunakan aneka macam instrumen.

7. Menyeluruh
Penilaian meliputi semua faktor pertumbuhan dan kemajuan anak baik sikap , wawasan maupun
keterampilan. Penilaian mengakomodasi seluruh keanekaragaman budaya , bahasa , sosial ekonomi , tergolong anak yang berkebutuhan khusus.

8. Bermakna
Hasil analisa menampilkan isu yang berharga bagi anak , orang bau tanah , guru , dan pihak lain yang relevan.

Silahkan unduh Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 disini :

Tidak ada komentar untuk "Buku Pedoman Analisa Pembelajaran Paud/Tk Kurikulum 2013"