Buku Fatwa Penyusunan Rpp Paud/Tk Kurikulum 2013

Buku Pedoman Penyusunan RPP PAUD/TK Kurikulum 2013 - Rencana pelaksanaan pembelajaran ialah konsep bagi guru untuk melaksanakan acara bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibentuk sebelum acara pembelajaran dilaksanakan. Rencana pembelajaran mesti mengacu terhadap karakteristik (usia , sosial budaya , dan keperluan individual) anak.

Rambu-rambu yang mesti diamati dalam menyusun planning pelaksanaan pembelajaran adalah:
1. Memahami STPPA selaku hasil simpulan jadwal PAUD (Kompetensi Inti)
2. Memahami Kompetensi Dasar selaku capaian hasil pembelajaran
3. Menetapkan materi pembelajaran selaku muatan untuk pengayaan pengalaman anak

Buku Pedoman Penyusunan RPP PAUD/TK Kurikulum 2013

Sedangkan RPP disusun untuk :
1. Mendukung pencapaian Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti
2. Mendukung kesuksesan pengelolaan pembelajaran yang bermakna
3. Mengarahkan guru dalam merencanakan alat dan materi yang diperlukan
4. Mengarahkan guru untuk membangun perilaku , wawasan dan keahlian yang diinginkan dimiliki anak
5. Mendukung kesuksesan pelaksanaan pembelajaran

Berdasarkan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD , Dokumen KTSP berisikan :
1. Dokumen 1 berisi sekurang-kurangnya: visi , misi , tujuan satuan pendidikan , jadwal pengembangan dan materi pembelajaran , pengaturan beban mencar ilmu , kalender pendidikan dan jadwal tahunan , dan SOP.

2. Dokumen 2 berisi penyusunan rencana jadwal semester (Prosem) , planning pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) , dan planning pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang dilengkapi dengan planning analisa pertumbuhan anak. Dalam menyusun ketiga jenis penyusunan rencana di atas , mesti mengacu pada muatan pembelajaran yang sudah dirumuskan dalam Dokumen 1 (pemetaan materi pembelajaran menurut jadwal dan kompetensi dasar).

Selengkapnya silahkan unduh disini :

Tidak ada komentar untuk "Buku Fatwa Penyusunan Rpp Paud/Tk Kurikulum 2013"