Buku Ajaran Penyusunan Kurikulum Ktsp Paud/Tk
Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP PAUD/TK - Menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional , Bab I Pasal 1 angka 19 Kurikulum merupakan seperangkat planning dan pengaturan perihal tujuan , isi dan materi pelajaran serta cara yang digunakan selaku pedoman penyelenggaraan kesibukan pembelajaran untuk meraih tujuan pendidikan tertentu.
Selanjutnya apa itu Kurikulum KTSP?
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk PAUD merupakan kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Artinya , kurikulum ini dibentuk oleh satuan pendidikan diadaptasi dengan karakteristik satuan PAUD seumpama kondisi lingkungan , penerima didik , pendidik , fasilitas dan prasarana , ongkos , dan nilai-nilai yang mendasari , serta kesibukan yang mau dijalankan oleh satuan PAUD.
Faktor-faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan KTSP?
Dalam menjalankan pengembangan KTSP memperhatikan:
• keanekaragaman geografi s ,
• keanekaragaman potensi sumber daya ,
• ketersediaan fasilitas dan prasarana yang berlainan antarsatuan pendidikan ,
• keanekaragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya ,
• karakteristik forum (misal: lingkungan , sosial , penerima didik , visi , misi , keagamaan , inklusif) ,
• dll.
Dalam menjalankan pengembangan KTSP memperhatikan:
• keanekaragaman geografi s ,
• keanekaragaman potensi sumber daya ,
• ketersediaan fasilitas dan prasarana yang berlainan antarsatuan pendidikan ,
• keanekaragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya ,
• karakteristik forum (misal: lingkungan , sosial , penerima didik , visi , misi , keagamaan , inklusif) ,
• dll.
Prinsip-Prinsip Penyusunan KTSP PAUD
1. Berpusat pada Anak
2. Kontekstual
3. Kompetensi dan Dimensi
4. Perkembangan
5. Pembentukan Kepribadian
6. Sesuai Tahap Perkembangan
7. Sesuai dengan Cara Belajar
8. Holistik Integratif
9. Melalui Bermain
10. Membangun Pengalaman Belajar
11. Konteks Sosial Budaya
2. Kontekstual
3. Kompetensi dan Dimensi
4. Perkembangan
5. Pembentukan Kepribadian
6. Sesuai Tahap Perkembangan
7. Sesuai dengan Cara Belajar
8. Holistik Integratif
9. Melalui Bermain
10. Membangun Pengalaman Belajar
11. Konteks Sosial Budaya
Alur Penyusunan KTSP PAUD
1. Analisis Konteks
2. Penyusunan Dokumen KTSP PAUD
3. Pengesahan Dokumen KTSP PAUD
4. Pelaksanaan KTSP
2. Penyusunan Dokumen KTSP PAUD
3. Pengesahan Dokumen KTSP PAUD
4. Pelaksanaan KTSP
Apa Saja Isi Dokumen KTSP?
Dokumen I KTSP merupakan dokumen yang bersifat biasa berisi banyak sekali isu yang berafiliasi dengan karakteristik satuan PAUD. Komponen minimal Dokumen I PAUD berisi:
• visi ,
• misi , tujuan satuan pendidikan ,
• muatan Pembelajaran ,
• pengaturan beban mencar ilmu dan
• kalender pendidikan.
• visi ,
• misi , tujuan satuan pendidikan ,
• muatan Pembelajaran ,
• pengaturan beban mencar ilmu dan
• kalender pendidikan.
Dokumen II disebut juga dokumen program. Dokumen ini merupakan dokumen yang berisi penyusunan rencana yang mau dilaksanakan oleh pendidik selama satu tahun ke depan. Komponen dokumen ini mencakup:
• Program Semester (Prosem) ,
• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) ,
• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) ,
• Penilaian pertumbuhan anak.
• Program Semester (Prosem) ,
• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) ,
• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) ,
• Penilaian pertumbuhan anak.
Pengesahan , Pemberlakuan dan Masa Peninjauan Ulang KTSP PAUD
Kurikulum merupakan bab dari kontrak satuan pendidikan dengan segenap pemangku kepentingan , utamanya dengan orang bau tanah dan penduduk yang menitipkan anaknya di satuan pendidikan tersebut. Begitu pula KTSP PAUD serentak merupakan bab dari kontrak antara satuan pendidikan PAUD , orang bau tanah , dan pemerintah , dalam hal ini Dinas Pendidikan. Oleh alasannya merupakan itu , dalam hal akreditasi , pemberlakuan , dan masa peninjauan ulang hendaklah memikirkan dan memperoleh persetujuan dari pihak-pihak terkait.
Kurikulum merupakan bab dari kontrak satuan pendidikan dengan segenap pemangku kepentingan , utamanya dengan orang bau tanah dan penduduk yang menitipkan anaknya di satuan pendidikan tersebut. Begitu pula KTSP PAUD serentak merupakan bab dari kontrak antara satuan pendidikan PAUD , orang bau tanah , dan pemerintah , dalam hal ini Dinas Pendidikan. Oleh alasannya merupakan itu , dalam hal akreditasi , pemberlakuan , dan masa peninjauan ulang hendaklah memikirkan dan memperoleh persetujuan dari pihak-pihak terkait.
Selengkapnya silahkan unduh Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP PAUD disini :
Tidak ada komentar untuk "Buku Ajaran Penyusunan Kurikulum Ktsp Paud/Tk"
Posting Komentar